Tugas 1 APSI : Sistem Informasi Akuntansi Aset Tetap

Deskripsikan Sistem Informasi 

Sistem informasi dapat diartikan sebagai kombinasi dari teknologi untuk mendukung operasi dan manajemen. Secara umum pengertian Sistem Informasi adalah suatu yang menyediakan informasi untuk menajemen pengembilan keputusan atau kebijakan dan menjalankan operasional dari kombinasi orang-orang, teknologi dan prosedur-prosedur yang terorganisasi. 

Dalam proses pembangunan sistem informasi, terdapat beberapa komponen yang perlu diperhatikan agar anda tidak salah dalam mengambil keputusan untuk bisnis dan strategi pemasaran anda. Information System sendiri terdiri atas komputer, manusia, fakta, instruksi, dan kumpulan prosedur yang dapat dikategorikan menjadi sistem informasi manajemen, sistem pendukung keputusan, sistem informasi eksekutif, dan sistem pemrosesan transaksi.

Dalam video yang disediakan, membahas tentang Sistem Informasi Akuntansi Aset Tetap. Sistem Informasi ini termasuk dalam sistem informasi di bidang akuntansi yang terdiri dari berbagai formulir, catatan dan laporan yang telah disusun dan menghasilkan suatu informasi keuangan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Tujuan dari sistem informasi akuntansi (SIA) adalah untuk memproses data serta menghasilkan laporan yang dapat digunakan oleh manajer atau pihak lain yang berkepentingan untuk membuat keputusan bisnis. Dalam kasus ini, data yang diproses adalah aset tetap suatu perusahaan yang memiliki wujud, mempunyai manfaat ekonomis lebih dari satu tahun, diperoleh perusahaan untuk melaksanakan kegiatan perusahaan, bukan untuk dijual kembali. 

Digunakan Untuk Apa

Fungsi dari sitem informasi adalah sebagai berikut :

  1. Mampu meningkatkan produktivitas kerja pada seluruh stakeholders.
  2. Mampu menganalisa dan meminimalisir terjadinya kerugian dari sisi ekonomi.
  3. Memberikan aksesibilitas yang baik kepada pengguna.
  4. Dapat mencapai tujuan perusahaan secara cepat berdasarkan dukungan data yang dapat dipertanggung jawabkan.

Sedangkan sistem informasi akuntansi digunakan untuk hal-hal berikut :

  • Mengumpulkan semua data kegiatan bisnis perusahaan dan menyimpan data tersebut secara efektif dan efisien
  • Mengambil data yang diperlukan dari berbagai sumber dokumen yang berkaitan dengan aktivitas bisnis
  • Membuat dan mencatat data transaksi dengan benar ke dalam jurnal-jurnal yang diperlukan dalam proses akuntansi sesuai dengan urutan dan tanggal terjadinya transaksi
  • Mengubah sekumpulan data menjadi informasi keuangan yang dibutuhkan perusahaan
  • Sebagai suatu sistem pengendali keuangan, agar tidak terjadi suatu kecurangan.

Definisikan Stakeholder

Stakeholder dalam sistem informasi adalah orang yang memiliki ketertarikan pada sistem informasi yang sudah ada atau yang ditawarkan. Tiap kelompok stakeholder memiliki perspektif yang berbeda pada sistem informasi yang sama. Analis sistem adalah stakeholder unik yang berperan sebagai fasilitator atau pelatih, menjembatani jurang komunikasi yang dapat secara alamiah bekembang antara pemilik dan pengguna sistem non teknis dan desainer beserta pembangun sistem teknis. Stakeholder dalam sistem informasi akuntansi aset tetap, yaitu manajemen perusahaan, departemen akuntansi, dan departemen pemeliharaan aset.


Siapa Saja Usernya

User atau pengguna pada sistem informasi adalah seseorang atau sekelompok orang yang menggunakan atau berinteraksi dengan sistem informasi untuk mencapai tujuan tertentu. User sistem informasi akuntansi aset tetap, antara lain fungsi pemakai, fungsi penelitian dan pengembangan, direktur terkait, direktur utama, fungsi pembelian, fungsi penerimaan, fungsi aset tetap, dan fungsi akuntansi.

Tampilkan Inputannya

Beberapa komponen yang menjadi inputan dari sistem informasi akuntansi aset tetap adalah sebagai berikut :

  1. Harga Perolehan, terdiri dari perolehan, pengeluaran modal, revaluasi, pertukaran, pengentian pemakaian, dan penjualan.
  2. Akumulasi Penyusutan, terdiri dari penyusutan, penghentian pemakaian, penjualan, dan pertukaran.
  3. Beban Depresiasi dan Pemeliharaan, terdiri dari konsumsi bahan dan suku cadang, konsumsi SDM, konsumsi energi, konsumsi peralatan, dan konsumsi sumber daya lain.
Tampilkan Outputnya

Hasil yang dikeluarkan dari sistem informasi akuntansi aset tetap adalah sebagai berikut :
  1. Surat permintaan otorisasi investasi
  2. Surat permintaan reparasi
  3. Surat permintan transfer asset tetap
  4. Surat permintan penghentian pemakaian asset tetap
  5. Surat perintah kerja
  6. Surat order pembelian
  7. Laporan penerimaan barang
  8. Bukti kas keluar
  9. Daftar penyusutan asset tetap
  10. Bukti memorial
Referesni :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 3 APSI : Feasibility Study