Tugas 5 : Requirement Definition

 Definisi Requirement 

Requirement adalah sesuatu yang dibutuhkan atau diinginkan. Produk sistem informasi dapat terdiri dari banyak persyaratan atau requirements. Dalam hal ini, Anda dapat menganggap requirement sebagai komponen yang perlu diimplementasikan untuk melengkapi fitur.
Apa pun yang Anda bangun, requirement harus:
  1. Necessary : Penting untuk mencapai tujuan bisnis dan produk
  2. Spesific : Terperinci dengan akar yang dapat dilacak ke asal dan tujuannya.
  3. Understandable : Ditulis dengan jelas dan tidak ambigu.
  4. Accurate : Cukup detail dengan informasi tentang tantangan atau kebutuhan pengguna akhir.
  5. Feasible : Diteliti dan terbukti bermanfaat dan dapat dicapai.
  6. Testable : Dapat diselesaikan atau disetujui melalui pengujian penerimaan pengguna atau kriteria lainnya.

Komponen dalam Requirements Definition


  1. Business requirements : Requirements ini berkaitan dengan tujuan bisnis dan strategi perusahaan yang ingin dicapai melalui sistem atau aplikasi yang dikembangkan. Requirement ini mencakup hal-hal seperti target pasar, peningkatan penjualan, efisiensi operasional, dan lain sebagainya.

  2. User requirements : Requirement ini berkaitan dengan pengalaman pengguna yang diharapkan ketika menggunakan sistem atau aplikasi yang dikembangkan. Requirement ini mencakup hal-hal seperti antarmuka yang mudah digunakan, responsif, dan intuitif, keamanan dan privasi data, kecepatan akses, dan lain sebagainya.

  3. Functional requirements : Requirement ini berkaitan dengan fitur dan fungsionalitas yang harus dimiliki oleh sistem atau aplikasi yang dikembangkan. Requirement ini mencakup hal-hal seperti proses bisnis yang harus diotomatisasi, laporan dan analisis yang harus dihasilkan, integrasi dengan sistem lain, dan lain sebagainya.

  4. System requirements : Requirement ini berkatikan dengan infrastruktur dan teknologi yang harus digunakan untuk mendukung sistem atau aplikasi yang dikembangkan. Requirement ini mencakup hal-hal seperti platform dan database yang digunakan, bahasa pemrograman yang harus digunakan, keamanan sistem, dan lain sebagainya.

  5. Non-functional requirements : Requirement ini berkaitan dengan aspek non fungsional dari sistem atau aplikasi yang dikembangkan. Requirement ini mencakup hal-hal seperti kecepatan kinerja, skala aplikasi, kemanaan data dan privasi, tampilan dan responsivitas antarmuka pengguna, dan lain sebagainya.

Studi Kasus : Appogee Leave

Appogee Leave merupakan sebuah platform untuk mengelola sumber daya karyawan. Appogee Leave dapat melakukan hal-hal terkait penjadwalan kerja karyawan, pengajuan cuti karyawan, mengelola kehadiran karyawan, serta memberi laporan terkait hal-hal tersebut.

Berikut adalah Requirements Definition dari Appogee Leave



Referensi



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 3 APSI : Feasibility Study