Tugas 7 : Process Modelling

Definisi Process Modelling

Process Modeling adalah representasi grafis dari proses bisnis atau alur kerja. Seperti diagram alur, langkah-langkah dalam proses tersebut digambarkan sehingga terdapat gambaran keseluruhan tentang tugas-tugas dalam proses tersebut dalam konteks lingkungan bisnis atau organisasi.
Process model adalah diagram inti dalam analisis dan desain terstruktur, disebut juga Data Flow Diagram. DFD menunjukkan aliran informasi melalui suatu sistem. Setiap proses mengubuah input menjadi output. Garis alur mewakili data yang mengalir antara node, termasuk proses, entitas eksternal, dan penyimpanan data. Dalam sistem pembayaran belanja di Transmart menggunakan aplikasi Allo Bank, DFD dapat digunakan untuk menggambarkan bagaimana aliran data pembayaran terjadi antara entitas yang terlibat.

Studi Kasus Process Modelling

Context Diagram

Context diagram merupakan  sketsa dasar yang bertujuan untuk mendefinisikan suatu entitas berdasarkan lingkupnya, batasannya, dan hubungannya dengan komponen eksternal seperti pemangku kepentingan. Context diagram ini memberikan gambaran untuk tentang suatu proses, dengan fokus pada interaksinya dengan elemen-elemen eksternal daripada subproses internalnya.

Berikut adalah Context Diagram dari 
sistem pembayaran Transmart menggunakan aplikasi Allo Bank :


DFD Level 0

DFD level 0 memberikan pandangan yang lebih rinci tentang sistem dengan memecah proses utama yang diindentifikasi dalam context diagram menjadi subproses. Setiap subproses digambarkan sebagai proses terpisah dalam DFD level 0. Aliran data dan penyimpanan data yang terkait dengan setiap subproses juga ditampilkan.
Berikut adalah diagram level 0 pada sistem pembayaran Transmart menggunakan aplikasi Allo Bank :


DFD Level 1

DFD level 1 memberikan pandangan yang lebih rinci lagi tentang sistem dengan memecah subproses yang diidentifikasi dalam DFD 0 menjadi subproses lebih lanjut. Setiap subproses digambarkan sebagai proses terpisah dalam DFD level 1. Aliran data dan penyimpanan data yang terkait dengan setiap subproses juga ditampilkan.

Berikut adalah diagram level 1 pada sistem pembayaran Transmart menggunakan aplikasi Allo Bank :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 3 APSI : Feasibility Study