Tugas 8 : Data Modelling

Pengertian Data Modelling

Data Modelling adalah bagian inti dari manajemen data perusahaan. Pengembangan basis data adalah salah satu bidang di mana model data berguna, tetapi pemodelan data sebenarnya menawarkan nilai dalam kasus penggunaan yang lebih luas. Dengan memvisualisasikan elemen data dan hubungannya, tim developer dapat menggunakan model data untuk membentuk proses bisnis dan desain teknis. Untuk sistem informasi bisnis, sangat penting untuk memahami dan mengomunikasikan data secara efektif menempatkan pemodelan data di pusat bagaimana organisasi memanfaatkan data.

Dengan kata lain, tiga jenis umum pemodelan data memang memiliki banyak kesamaan, tetapi ada juga perbedaan penting di antara ketiganya. Memilih model data yang tepat untuk setiap kasus penggunaan membantu Anda memaksimalkan nilai yang diperoleh tim Anda dari pemodelan data.

Conceptual Data Model (CDM)

CDM adalah pemodelan data dengan level yang sangat tinggi. Perspektif tingkat tinggi ini membuat Conceptual Data Model ideal untuk menyajikan informasi kepada pemangku kepentingan dan peran non-teknis di dalam organisasi. Dengan pengembangan lebih lanjut, CDM dapat dimodifikasi menjadi model lain dengan kompleksitas dan detail yang lebih besar, menjadikan model konseptual sebagai titik awal yang bagus saat dipindah ke diagram lain.

Berikut adalah Conceptual Data Model (CDM) dari aplikasi Netflix :



Logical Data Model (LDM)

Bekerja dari CDM, LDM memasukkan elemen, hubungan, dan detail konteks yang diperlukan untuk struktur data guna melangkah lebih dekat ke implementasi. Tim developer dapat menggunakan logical data model untuk memvisualisasikan elemen dan hubungan data untuk menunjukkan cara kerja sistem data. Daripada memprioritaskan informasi tingkat tinggi, LDM memperkenalkan detail. Analis dan desainer basis data dapat menggunakan LDM dalam pekerjaan mereka sebagai alat komunikasi.

Berikut adalah Logical Data Model (LDM) dari aplikasi Netflix :

Physical Data Model (PDM)

Physical Data Model secara langsung menggambarkan objek data dan hubungannya, Physical Data Model adalah database spesifik dan berisi informasi terperinci yang diperlukan untuk fase implementasi. Dengan menggunakan PDM, Anda dapat membuat skrip yang diperlukan untuk mengembangkan database. Metadata dan detail disertakan sebagai bagian dari model data fisik, yang juga dibuat berdasarkan teknologi tertentu, lokasi, penyimpanan data, dan karakteristik lainnya.

Berikut adalah Physical Data Model (PDM) dari aplikasi Netflix :

Referensi



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 3 APSI : Feasibility Study