Tugas 9 : Desain Arsitektur

Desain Arsitektur Aplikasi

Desain arsitektur aplikasi adalah tahapan yang penting dalam perencanaan sebuah aplikasi. Desain arsitektur aplikasi menggambarkan perilaku aplikasi yang digunakan dalam bisnis, berfokus pada bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain dan bagaimana aplikasi berinteraksi dengan pihak lain (third party). Secara sederhana, desain arsitektur aplikasi merujuk pada solusi terstruktur yang memetakan komponen-komponen dalam sistem perangkat lunak, serta hubungan dan komunikasi antara komponen-komponen tersebut.

Ada beberapa jenis desain arsitektur aplikasi yang umum digunakan. Berikut adalah beberapa jenis desain arsitektur:

  1. Arsitektur Monolitik
  2. Service-Oriented Archietcture (SOA)
  3. Microservices Architecture
  4. Space-based Architecture
  5. Client-Server

Studi Kasus Desain Arsitektur : MyITS Portal


MyITS Portal adalah sebuah platform yang dapat digunakan oleh semua civitas akademika ITS untuk mengakses kebutuhan-kebutuhan mereka. Di dalam MyITS Portal terdapat banyak fitur yang dapat diakses sesuai role pengguna dalam lingkungan ITS. Mahasiswa memiliki kebutuhan layanan yang berbeda dengan dosen atau staff akademik lainnya. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah sistem dengan arsitektur yang dapat menunjang fungsi tersebut.

Setelah ditelusuri lebih dalam, MyITS Portal menggunakan jenis desain arsitektur Client-Server yang memisahkan sisi client (pengguna) dan server. Dalam desain ini, client dapat berinteraksi dengan server untuk mengakses berbagai aplikasi dan sistem informasi yang disediakan oleh MyITS Portal dengan mengirim permintaan kepada server. Kemudian server akan memproses permintaan tersebut dan mengembalikan respons kepada client sesuai yang diminta pengguna.

Salah satu keuntungan menggunakan desain Client-Server adalah sistem informasi yang responsif dan efisien. Dalam desain ini, sebagian besar pemrosesan dan komputasi dilakukan oleh server. Sedangkan pengguna dapat mengakses aplikasi dan sistem informasi sesuai kebutuhan mereka. Dalam arsitektur ini, server dapat menggunakan perangkat keras yang lebih kuat dan sumber daya yang lebih besar untuk memproses data atau komutasi yang dibutuhkan oleh MyITS Portal. Lalu, pengguna dapat menggunakan fitur dalam MyITS Portal tanpa terbebani oleh pekerjaan komputasi yang berat.

Selain itu, desain Client-Server juga memungkinkan efisiensi dalam pengelolaan pusat data. Dalam Client-Server, sistem data menerapkan sistem data terpusat. Semua data dan aplikasi yang terkait dengan MyITS Portal dapat disimpan dan dikelola dengan baik dalam server. Server berfungsi sebagai pusat kendali yang mengatur akses pengguna, otentifikasi, dan otorisasi. Dengan demikian, pengelolaan data dan pemeliharaan sistem dapat dilakukan dengan lebih efisien.

Skalabilitas juga menjadi salah satu hal penting dalam desain arsitektur iMyITS Portal ni. Karena MyITS Portal melayani ribuan pengguna, skalabilitas menjadi perhatian utama. Desain Client-Server memungkinkan server untuk ditingkatkan secara berkala, baik dalam hal kebutuhan hardware maupun software. Peningkatan kekuatan server ini bertujuan untuk menangani kebutuhan komputasi yang semakin meningkat seiring dengan peningkatan jumlah pengguna. Dengan demikian, skala penggunaan MyITS Portal dapat terus ditingkatkan tanpa perlu melakukan pembatasan-pembatasan terhadap pengguna.

Dari segi keamanan, server bertanggung jawab untuk melindungi data pribadi pengguna dan menerapkan kebijakan keamanan yang ketat. Tahapan ini memerlukan validasi akses bagi setiap pengguna, perlindungan data saat terjadi pengiriman data antar perangkat, dan pengamanan sistem dari serangan eksternal. MyITS Portal harus memastikan bahwa data pribadi pengguna dan berkas penting lainnya tetap aman dan terlindungi dengan menerapkan metode enkripsi dan protokol keamanan yang memadai.

Selain desain Client-Server, MyITS Portal juga memanfaatkan komputasi awan (cloud computing) untuk meningkatkan efisiensi penyimpanan sumber daya yang dibutuhkan. Hal ini memungkinkan MyITS Portal untuk menyesuaikan sumber daya yang dibutuhkan dan memastikan ketersediaan portal secara terus-menerus. Cloud computing juga mendukung akses layanan dan sistem informasi di ITS dengan mudah dan hemat biaya.

Secara keseluruhan, desain arsitektur Client-Server dan pemanfaatan cloud computing yang digunakan oleh MyITS Portal memberikan akses terpadu, responsif, dan aman ke berbagai layanan dan sistem informasi di ITS. Desain ini meningkatkan kolaborasi dan pengalaman belajar dengan memisahkan peran antara pengguna dan server, mengoptimalkan penggunaan sumber daya, dan menjaga keamanan data.

Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 3 APSI : Feasibility Study